Translate

Rabu, 13 Agustus 2014

Deskripsi Kota Surabaya

Kota Surabaya adalah ibu kota ibu kota jawa timur sekaligus menjadi kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah jakarta. Kota Surabaya juga merupakan pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia bagian timur. Kota ini terletak 789 km sebelah timur Jakarta, atau 426 km sebelah barat laut Denpasar, Bali. Surabaya terletak di tepi pantai utara pulau Jawa dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa.
Surabaya memiliki luas sekitar 333,063 km² dengan penduduknya berjumlah 2.813.847 jiwa (2014). Daerah metropolitan Surabaya yaitu Gerbangkertosusil yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa, adalah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah jabodetabek. Surabaya dilayani oleh Bandara internasional juanda, pelabuhan tanjung perak, dan Pelabuhan ujung.
Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah. Kata Surabaya konon berasal dari cerita mitos pertempuran antara sura (ikan hiu) dan baya (buaya) dan akhirnya menjadi kota Surabaya.

Letak Surabaya

Surabaya terletak di tepi pantai utara provinsi Jawa Timur. Wilayahnya berbatasan dengan selat madura di Utara dan Timur, kabupaten sidoarjo di Selatan, serta kabupaten gresik di Barat. Surabaya berada pada dataran rendah, ketinggian antara 3 - 6 m di atas permukaan laut kecuali di bagian Selatan terdapat 2 bukit landai yaitu di daerah Lidah dan Gayungan ketinggiannya antara 25 - 50 m di atas permukaan laut dan di bagian barat sedikit bergelombang. Surabaya terdapat muara Kali mas, yakni satu dari dua pecahan Sungai berantas.

Source From Wikipedia



                                          Gambar Monumen atau Lambang Kota Surabaya
                                         Source This Image

Sedikit Celoteh dari owner.
  memang saya lahir di kota surabaya, kota yang penuh dengan tempat rekreasi, makanan enak, dan lain sebagainya. tapi saya hanya di lahirkan saja di kota ini, selebihnya hidup saya di malang.
disurabaya juga tempat saya berlibur, meskipun tempat kota ini terkenal akan panasnya. tapi saya sangat suka pada kota ini. karena dikota ini lah saya pernah digembleng di pangkalan angkatan laut (LANAL) untuk membentuk mental yang tangguh,hebat,kuat dan berjiwa nasionalis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar